Kabar Kata

Memuat semua berita tentang sejarah, perkembangan, dan informasi terbaru bahasa Indonesia.

Mengenal Label dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamis, 04 Mei 2023 09:28 WIB

Ejaan.id--Saat membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) secara cetak maupun daring, apakah Sobat Eja menyadari adanya label berupa kependekan yang terletak sebelum makna kata seperti pada gambar berikut? 

Sumber: KBBI V luring

Dalam gambar tersebut ditunjukkan adanya unsur yang berwarna berupa kependekan, yaitu n dan Dok yang terdapat sebelum makna kata. Dalam KBBI daring, label tersebut dicetak miring dengan warna merah.  Unsur berwarna tersebut adalah label yang berguna untuk menunjukkan konteks dan keperluan kata. 

Lebih jelasnya, ada lima jenis label yang disematkan pada kata dalam KBBI. Perlu diingat bahwa tidak semua label tersebut dicantumkan pada kata. Lima jenis label tersebut diuraikan sebagai berikut.

Label Ragam Bahasa
Label ini digunakan untuk menjelaskan ragam bahasa dari kata. Label ragam bahasa terbagi atas lima, yaitu (1) ark untuk kata arkais, yaitu kata yang tidak lazim, digunakan; (2) cak untuk kata dengan ragam cakapan, yaitu kata yang tidak baku; (3) label hor untuk kata yang digunakan dalam ragam resmi; (4) kas untuk kata yang kasar atau tidak sopan; dan (5) kl untuk kata klasik, yaitu kata yang digunakan dalam kesusastraan Melayu Klasik. 

Label Kelas Kata
Label ini berguna untuk mengetahui kategori kata. KBBI membagi label kelas kata atas tujuh, yaitu (1) a untuk kata berkategori adjektiva; (2) adv untuk kata berkategori adverbia; (3) n  untuk kata berkategori nomina; (4) num untuk kata berkategori numeralia; (5) p untuk kata berkategori partikel; (6) pron untuk kata berkategori pronomina; dan (7) v untuk kata berkategori verba. 

Label Asal Bahasa
Label asal bahasa berguna untuk mengetahui asal bahasa dari kata. Label asal bahasa dalam KBBI berjumlah cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan kata-kata dalam bahasa Indonesia diperoleh dari berbagai bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing. Dalam KBBI V versi cetak, label asal bahasa pada kata dibedakan atas tiga, yaitu label asal bahasa berupa dialek melayu, bahasa daerah, dan bahasa asing. Label asal bahasa dapat dilihat pada contoh berikut.
Jk untuk Dialek Melayu Jakarta
Mal untuk Dialek Melayu Malaysia
Sd untuk bahasa Sunda
Wmn untuk bahasa Wamena
Ar untuk bahasa Arab
Rs untuk bahasa Rusia

Label Bidang Kehidupan dan Bidang Ilmu
Label ini digunakan untuk menunjukkan kata yang bersangkutan digunakan dalam bidang apa. Label ini juga variatif sesuai dengan banyaknya bidang kehidupan dan bidang ilmu yang ada. Label bidang kehidupan atau bidang ilmu dapat dilihat pada contoh berikut. 
Ling untuk bidang ilmu linguistik
Mil untuk bidang militer
Tern untuk bidang peternakan
Osn untuk bidang ilmu oseanologi

Label Pemendekan
Label terakhir adalah label pemendekan. Label ini digunakan untuk menunjukkan jenis pemendekan. Label ini terdiri atas tiga jenis, yaitu (1) sing untuk menandakan singkatan; (2) akr untuk menandakan akronim; dan (3) kp untuk menandakan kependekan.

Nah, sekarang Sobat Eja sudah tahu tentang label yang ada pada kata dalam KBBI. Label pada kata ini dapat membantu Sobat Eja dalam memahami kata. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat Eja.(HRM/Berbagai Sumber)

*

Kirim Komentar


Kabar Kata lainnya

Menjelajahi Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII Virtual

Informasi 29-10-2023 06:04 WIB

Jakarta“Sejak Rabu, 25 Oktober 2023, Kongres Bahasa Indonesia XII yang bertema œLiterasi dalam Kebinekaan untuk Kemuajuan Bangsa resmi dibuka dan dilaksanakan secara hybrid, yakni luring dan daring. Sebanyak 1000 peserta daring turut hadir mengikuti rangkaian acara melalui laman virtual KBI...


Kongres Bahasa Indonesia XII Resmi Dibuka di Jakarta

Informasi 25-10-2023 23:27 WIB

Jakarta”Kongres Bahasa Indonesia (KBI XII) resmi dibuka di Jakarta pada Rabu, 25 Oktober 2023 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim atau yang akrab disapa dengan Mas Menteri. Bertempat di The Sultan Hotel and Residence, KBI XII dihelat untuk menengok...


Cerita Mahasiswa BIPA UGM tentang Budaya dan Bahasa Indonesia

Informasi 19-10-2023 16:17 WIB

Yogyakarta--Lima mahasiswa BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) yang belajar di INCULS (The Indonesian Language and Culture Learning Service) FIB UGM menceritakan pengalaman dan tantangan mereka dalam belajar bahasa Indonesia. Dalam acara "Gelar Wicara" dengan topik "Strategi dan Tantangan...


Ilmu Semiotika: Memaknai Lambang

Informasi 29-08-2023 09:41 WIB

Pernahkah Sobat melihat rambu-rambu lalu lintas Ada yang bergambarkan huruf p dengan garis miring, menandakan œdilarang parkir atau simbol di pintu toilet. Perlu Sobat ketahui bahwa ilmu yang mempelajari lambang tersebut dinamakan ilmu semiotik.Ilmu semiotik berasal dari kata semeion dalam...


J.W.M. Verhaar

Informasi 30-07-2023 11:18 WIB

Ejaan.id”Verhaar memiliki nama lengkap Johannes Wilhelmus Maria Verhaar. Verhaar merupakan tokoh asal Den Haag, Belanda yang berpengaruh dalam perkembangan bahasa Indonesia. Verhaar dilahirkan pada 20 Juli 1925. Meskipun Verhaar bukanlah masyarakat pribumi Indonesia. Namun, Verhaar...